Senin, 21 November 2016

Microsoft Gabung Komunitas Open Source Linux Foundation

Berita mengejutkan datang dari raksasa software Microsoft, dimana Micorosoft pada 17 November resmi bergabung dengan Linux Foundation sebagai anggota platinum dengan biaya paling tinggi.Jika 15 tahun lalu CEO Microsoft sebelumnya yaitu Steve Ballmer menyebut Linux sebagai “penyakit kanker”, kini mereka malah mengejutkan dunia dengan bergabung ke Linux Foundation sebagai Platinum Member.Sekilas Tentang Linux FoundationLinux Foundation merupakan organisasi pilihan bagi perusahaan dan para pengembang ngetop untuk membangun ekosistem yang mempercepat pengembangan teknologi terbuka dan adopsi komersial. Bersama-sama dengan komunitas open source dari seluruh dunia, mereke memecahkan masalah teknologi yang paling sulit sekalipun dengan menciptakan investasi teknologi terbesar secara besama-sama.Didirikan pada tahun 2000, Linux Foundation kini mampu menyediakan alat, pelatihan, dan acara untuk memajukan proyek open source yang berdampak ekonomi yang tidak dapat dicapai oleh perusahaan lain.



Microsoft sendiri telah menjadikan beberapa software unggulan mereka menjadi Open Source, seperti PowerShell, Visual Studio Code, JavaScript Engine Microsoft Edge, mengakuisisi Xamarin lalu mengopen-source kan SDK dan developer toolnya, membawa SQL Server ke Linux, merilis UWP Community Toolkit, bahkan bekerja sama dengan Canonical dengan menanamkan Bash Ubuntu ke Windows 10.
Dalam beberapa waktu terakhir memang Microsoft sangat aktif dalam berkontribusi di Open Source. Bahkan Microsoft kini telah menjadi salah satu perusahaan top dengan kontribusi Open Source terbesar di Github.

Related Posts

Microsoft Gabung Komunitas Open Source Linux Foundation
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.